Tradisi “Wallahu A’lam Bisshawab” Kaum Santri

2,225 kali dibaca

Seperti yang sudah banyak kita ketahui bahwa kegiatan di pesantren tentu saja tidak lepas dari kegiatan keagamaan seperti halnya mengaji. Para santri sampai ada yang tertidur ketika mengaji karena mungkin mereka kelelahan dengan banyak aktivitas dan jadwal yang diberlakukan di pesantren. Jadwal jam mengaji yang diterapkan pada tiap pesantren tentu saja berbeda-beda, begitu juga dengan durasi lamanya mengaji. Ada yang singkat sekitar satu jam, bahkan ada yang lama sekali hanya untuk mengkaji satu kitab saja.

Hal ini tentu membuat para santri sedikit banyak jenuh dan mulai bosan jika pembahasan yang dilakukan ustadz monoton. Mereka akan mengantuk dan bahkan ada yang berbicara satu sama lain untuk menghilangkan kejenuhan. Jika kondisinya demikian, biasanya para santri saja menantikan terdengarnya sebuah kalimat yang akan membuat mereka kembali bersemangat dan menghilangkan kantuk. Kalimat tersebut tidak lain adalah Wallahu a’lam bisshawab yang diucapkan oleh ustadz sebagai pertanda berakhirnya jam mengaji.

Advertisements

Sebenarnya apa makna kalimat tersebut dan untuk maksud apa kalimat tersebut sering diucapkan berulang bagai mantra?

Secara harfiah, wallahu a’lam bisshawab mempunyai arti hanya Allah yang lebih mengetahui kebenaran yang sesungguhnya. Hal ini tentu sudah tidak asing lagi di kalangan santri. Akan tetapi, sejatinya kalimat ini bukan hanya sekadar jargon. Kalimat ini adalah upaya tabid (pembiasaan) agar kita (guru/ustadz) selalu ingat bahwa penjelasan yang dilakukan adalah upaya mendekati kebenaran, tetap rendah hati dalam beragama dan mengimani serta menghidupkan pemilik kebenaran sejati, yaitu Allah. Kita tidak punya hak otoritas dalam menentukan bahwa pendapat kita mewakili kebenaran Allah. Sebab, apa yang kita sampaikan dalam mengajar boleh jadi tidak sesuai dengan apa yang dikehendaki oleh Allah.

Dalam kitab Ihya Ulumuddin dikisahkan kehidupan para ulama pada zaman dahulu. Sebagian dari mereka menangis tersedu dan sedih manakala pendapatnya diikuti dan dipakai oleh orang lain. Tentu saja itu bukan tangisan bangga, namun tangisan sedih. Sebab, ia takut menanggung tanggung jawab manakala pendapatnya salah dan tidak sesuai dengan kehendak Allah.

Sebagian ulama yang lain, jika ditanya tentang suatu hal, mereka tidak langsung menjawabnya, namun mereka berkata “saya belum tahu jawabannya”. Lalu mereka melakukan kajian terlebih dahulu, dan setelah mantap hasil kajiannya baru disampaikan dalam bentuk jawaban.

Imam Syafi’i sendiri pernah berkata bahwa, “Pendapatku benar tapi ada kemungkinan mengandung kesalahan. Dan pendapat Anda salah, tapi ada kemungkinan mengandung kebenaran.”

Bagi orang yang berilmu, tidak mudah dan harus berhati-hati dalam memberikan jawaban dan pandangan mengenai hal keagamaan. Disebut ikhtiyat, ini tercermin dalam tradisi Islam di kalangan Nahdlatul Ulama (NU). Dalam menjawab satu masalah saya, bisa seharian dibahas dalam bahtsul masail. Kalau belum mantap, maka mauquf (belum bisa memberikan jawaban) dan akan dibahas pada hari berikutnya.

Spirit wallahu a’lam bisshawab inilah yang menjadikan Islam sebagai agama yang mempunyai kekayaan tafsir, pendapat, pandangan, tradisi, kebudayaan, dan khazanah literasi. Dengan begitu ada ruang untuk menyampaikan pendapat tanpa rasa takut, sebab masing-masing individu sadar bahwa mereka sedang menghampiri dan mendekati kepada kebenaran dengan kajian secara serius, dan sadar betul bahwa kebenaran sejati hanya milik Allah.

Karena, bagaimana pun, seorang manusia memiliki pengetahuan yang terbatas dan Allah adalah Zat yang paling mengetahui tentang kebenaran yang hakiki. Kalimat wallahu a’lam bisshawab ini digunakan untuk merendahkan diri di hadapan Allah, agar seorang hamba tidak sombong dengan pengetahuan yang dimilikinya. Karena, bisa jadi sesuatu yang ia yakini tersebut memiliki kesalahan atau kekeliruan yang selayaknya memang harus diubah. Apalagi jika pengetahuan atau informasi tersebut masih bersifat praduga dan belum ada data pasti yang mendukung. Kalimat wallahu a’lam bisshawab menjadi salah satu tameng dan peringatan bahwa Allah-lah yang Maha Mengetahui segala sesuatu yang terjadi di langit dan di bumi.

Multi-Page

Tinggalkan Balasan